Jefridin Ajak Masyarakat Berbelanja di Gerakan Pangan Murah Batam Tahun 2024

Diskan Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengajak masyarakat Batam untuk berbelanja bahan pangan, di Lapangan Bola Legenda Malaka, Jumat (1/3/2024). Hal tersebut disampaikannya saat membuka secara resmi Gerakan Pangan Murah Tingkat Kota Batam Tahun 2024.

Kegiatan ini merupakan sinergi bersama antara pemerintah dengan asosiasi distributor dalam rangka stabilisasi Pasokan dan harga pangan di bawah harga pasar.

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam dan Asosiasi Distributor karena kegitan ini merupakan bentuk kolaborasi dengan pengusaha dalam rangka menstabilkan harga,” kata Jefridin.

Gerakan Pangan Murah sendiri merupakan salah satu program Badan Pangan Nasional (BAPANAS), dimana dilatarbelakangi karena gejala pangan di Indonesia yang kini menunjukkan inflasi.

“Selain stabilisasi pasokan pangan murah, diharapkan juga melalui ini dapat mengendalikan inflasi di tengah dinamika harga pangan yang memberikan kontribusi signifikan inflasi,” ujarnya yang juga selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam.

Sejumlah kebutuhan pokok dijual dengan harga murah, mulai dari Cabai Merah dari harga Rp 110 ribu perkilogram di pasaran, di Gerakan Pangan Murah ini dijual seharga Rp 80 ribu perkilogramnya. Juga untuk harga telur ayam dari semula Rp 56 ribu menjadi Rp 54 ribu, dan Ikan Tongkol seharga Rp 35 ribu perkilogram.

“Disampaikan Pak Kadis Ketahanan Pangan, Mardanis bahwa dalam Kegiatan Pangan Murah ini dijual beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) paling murah dengan harga Rp 10.600 perkilogramnya,” katanya.

Gerakan Pangan Murah ini sendiri selanjutnya direncanakan akan digelar sebanyak empat kali dalam setahun, di lokasi yang berbeda .

“Setelah ini akan dilanjutkan dengan program serupa dari Pemko Batam berupa pasar murah, yang dibuat selama jelang puasa dalam waktu seminggu ini, bersama asosiasi distributor,” katanya.

Tambahnya, juga akan digelar pasar murah dari Pemko Batam di momen menyambut Lebaran pada Bulan April 2024 mendatang.

“Kita menghimbau masyarakat manfaatkan kesempatan ini tujuannya supaya harga bahan pokok stabil dan kebutuhan rumah tangga ibu-ibu sekalian terpenuhi,” tutupnya.

Sumber : Media Center Batam