Visi dan Misi

Visi dan Misi Dinas Perikanan Kota Batam

Visi Dinas :

Terwujudnya masyarakat nelayan pesisir mainland dan hinterland yang sejahtera melalui pengelolaan sumberdaya perikanan yang berkelanjutan dan berdaya saing”

 

Penjelasan Makna Visi

Makna dari visi tersebut di atas adalah :

  1. Sejahtera : adalah masyarakat pesisir dan kepulauan yang mempunyai pendapatan cukup dan dapat memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri.
  2. Berkelanjutan : adalah pengelolaan sumberdaya perikanan yang mampu menghasilkan produksi ikan secara berkesinambungan dengan tetap menjaga ketersediaan sumberdaya ikan yang stabil sehingga memberikan kesejahteraan bagi generasi sekarang dan yang akan datang.
  3. Berdaya saing : adalah mampu menghasilkan produk ikan yang mempunyai nilai tambah (Value Added) dan keunggulan Komparatif (Comparative Advantage) sehingga bisa mengakselerasi peningkatan kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha perikanan lainnya.

 

Penetapan Visi Dinas Perikanan Kota Batam didasarkan atas komitmen bersama tentang gambaran masa depan yang akan diwujudkan. Untuk menunjang terwujudnya Visi Kota Batam, dengan demikian Visi yang telah ditetapkan menjadi milik bersama dan diyakini oleh seluruh anggota organisasi serta menjadi motor penggerak setiap unsur organisasi dalam pencapaian sasaran dan tujuan organisasi.

 

Untuk mewujudkan Visi Dinas Perikanan di atas disusunlah Misi Dinas Perikanan sebanyak 4 (empat) misi, sebagaimana diuraikan dan dijelaskan makna dari misi tersebut di bawah ini. 

Misi Dinas :

  1. Meningkatkan kesejahteraan nelayan
  2. Meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas perikanan yang berbasis teknologi
  3. Menciptakan keseimbangan ekosistem sumberdaya alam yang mendukung pembangunan perikanan secara keberlanjutan
  4. Meningkatkan pelayanan di bidang perikanan

 

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah OPD

Untuk mewujudkan visi dan merealisasikan misi yang telah dirumuskan, perlu ditetapkan tujuan. Tujuan yang ditetapkan merupakan tolok ukur dalam meraih keberhasilan sebuah OPD selama kurun waktu lima tahun ke depan.

 

Tujuan yang ditetapkan Dinas Perikanan Kota Batam berpedoman pada tujuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Batam. Hal ini supaya tujuan yang disusun OPD akan menunjang tujuan yang akan dicapai Pemerintah Kota Batam lima tahun kedepan. Tujuan yang ditetapkan juga tidak terlepas dengan misi yang diemban oleh Dinas Perikanan Kota Batam , yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pendapatan nelayan,
  2. Memenuhi ketersediaan produk  perikanan
  3. Mewujudkan pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Daerah berkelanjutan
  4. Mewujudkan kualitas kinerja dan pelayanan aparatur dinas yang profesional

Scroll Up