Diskan Dorong Anak Pelaku Utama Kelautan dan Perikanan Belajar di Poltek KP

Diskan Batam – Dinas Perikanan Kota Batam mendorong anak-anak pelaku utama perikanan untuk belajar di Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Dumai. Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini mengatakan lulusan Poltek KP ini memiliki prospek menjadi tenaga kerja produktif di bidang kelautan dan perikanan.

“Lulusan Poltek Kelautan dan Perikanan ini bisa menjadi tenaga ahli penangkapan ikan, perwira kapal perikanan, tenaga ahli teknika kapal perikanan, atau menjadi ahli pengolahan perikanan,” kata Husnaini di Sekupang, Rabu (2/6/2021).

Para lulusan juga akan dibekali dengan sertifikat kompetensi keahlian. Pada bidang perikanan tangkap di antaranya sertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan Tingkat I (ANKAPIN I), Basic Safety Training (BST), Kompetensi Ahli Penangkap Ikan (BNSP LSPKP), memiliki buku pelaut (Seaman Book), serta praktik laut bidang kenavigasian dan penangkapan ikan.

Selanjutnya untuk lulusan permesinan kapal akan dibekali sertifikat Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan Tingkat I (ATKAPIN), BST, Sertifikasi Keahlian Mesin Perikanan (BNSP LSPKP), advanced fire fighting, crisis management and human behaviour, crowd management, medical first aid, dan security awareness training.

Sedangkan lulusan bidang pengolahan hasil laut dibekali Sertifikat Pengolah Ikan (SPI), Hazzard Analysis and Critical Control Point (HACCP), Sertifikat Kompetensi BNSP level 5 Ahli Pengolah Ikan.

Pendidikan di Poltek KP ini berlangsung selama enam (6) semester dalam masa waktu tiga (3) tahun. Selama menempuh pendidikan, taruna taruni wajib tinggal di asrama. Akomodasi dan konsumsi selama berada di asrama akan ditanggung oleh negara.

“Muatan pendidikan di Poltek KP ini lebih mengedepankan praktik. Perbandingannya 30 persen teori dan 70 persen praktik,” kata dia.

Husnaini mengatakan ada beberapa Poltek KP di Indonesia, tapi yang paling dekat dengan Batam adalah Poltek KP Dumai. Oleh karena itu Dinas Perikanan juga mendorong anak-anak pelaku utama bidang kelautan dan perikanan untuk belajar di sekolah tinggi tersebut.

“Saat ini Poltek KP Dumai sedang membuka pendaftaran untuk taruna baru tahun 2021. Pendaftaran dilakukan secara online (daring) melalui website www.pentaru.kkp.go.id. Pendaftaran sudah berlangsung sejak 10 Mei lalu dan akan ditutup pada 8 Juli mendatang. Kita dari Dinas Perikanan juga akan meminta Pendamping Perikanan Lapangan (PPL) untuk menyosialisasikan hal ini kepada keluarga nelayan, pembudidaya, maupun pengolah hasil perikanan yang ada di Batam,” tuturnya.