Penilaian Kelembagaan Pelaku Utama Kegiatan Perikanan Oleh Tim Penilai Dinas Perikanan Kota Batam

Batam, 21 Nov 2018, Dinas Perikanan Kota Batam, melaksanakan program penilaian kelembagaan pelaku utama kegiatan perikanan. Kegiatan penilaian kelembagaan dilaksanakan oleh bidang Pemberdayaan masyarakat Pesisir dan Penyuluh Dinas Perikanan Kota batam, yang dikepalai oleh ibu Ir. Minche Sitohang, kabid pemberdayaan masyarakat pesisir dan penyuluh  bersama Tim penilainya yaitu, Bpk. Ir. Hamdayani kasi penguatan kelembagaan kelompok Nelayan, Ibu Rosmailinda, ST. Kasi kelembagaan kelompok dan penyuluh,Mardijono, A.Pi, MSi penyuluh senior dan Sri Aslinda, S.Pi.. penyuluh perikanan  wilayah bengkong

Kegiatan ini disambut hangat oleh para pelaku utama, yaitu para nelayan-nelayan diwilayah bengkong sebelah arah Barat dayanya kantor walikota Batam, yang dianggap menjadi acuan sentralnya kota batam. Pelaksanaan kegiatan penilaian ini dilaksanakan di kantor sekretariat KUB Usaha Nelayan kelurahaan Bengkong laut, yang juga dihadiri oleh Babinsa Bengkong, Bpk Ruslan dan didampingi oleh seklur Bengkong Laut ,bpk. Rudy, CH.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk lebih mengenal para pelaku-pelaku nelayan secara langsung dan secara kelengkapan administrasi yang bertanggung jawab. Sehingga para pelaku nelayan yang tergabung ke dalam Kelompok usaha Bersama ini bisa mengetahui seberapa jauh dia mengenal kemampuan dirinya sebagai pelaku dan kemampuan dirinya sebagai bagian dari organisasi pada kelompok yang di masukinya. Adapun teknis penilaiannya mengacu pada indikator-indikator yang telah disusun oleh Tim Penilai serta klasifikasi dan tingkatan penilaiaan yang ditandai dengan score penilaian.

Indikatornya adalah sebagai berikut: untuk kategori Pemula (skore 0 – 350 ), Kategori Madya ( Skore 351 – 650 ), Kategori Utama ( skore 651 – 1000 ).

Skore penilaian tersebut diatas meliputi indikator:

1.Kemampuan mengidentifikasi potensi wilayah dan sumberdaya perikanan yang ada dilingkungannya

2.Kemampuan memilih teknologi yang dibutuhkan

3.Kemampuan dalam menyusun RUK

4.Kemampuan dalam penyusunan rencana kegiatan dibidang Produksi, Pengolahan dan Pemasaran

5.Kemampuan dalam pembinaan Kader

6.Kemampuan berorganisasi

7.Kemampuan Wirausaha, Akses kelembagaan dan Kemandirian

Pembuktian dari hasil uji kemampuan terhadap penilaian kelembagaan pelaku utama kegiatan perikanan dikota batam, ditandai dengan diterimanya surat Pengukuhan yang ditandatangani untuk tingkat pemula oleh Pak Lurah, untuk tingkat Madya oleh Pak camat dan untuk tingkat Utama ditandatangani oleh Bpk Walikota Batam  sendiri.

Sehingga harapan untuk peningkatan keluarga nelayan yang mandiri dan sejahtera cepat terwujud yang diwujudkan pada peningkatan indikator serta kepedulian terhadap kelompoknya pada organisasi kelompok usaha bersama Perikanan. ( Diskan )  

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up