Dinas Perikanan dan BPJS Ketenaga Kerjaan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan Ke Nelayan Sungai Beduk

Diskan Batam – Dinas Perikanan Kota Batam bersama BPJS Ketenaga Kerjaan melakukan Sosialisasi program asuransi nelayan kepada nelayan Sungai Daun dan nelayan Kampung tua Piayu laut, Selasa (14/5)

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas perikanan Yudi Admajianto, Kabid Perikanan Tangkap Witono, Perwakilan BPJS TK, kelompok Usaha Bersama (KUB) dan perangkat RT RW.

Kadis Perikanan Kota Batam Yudi Admajianto dalam sambutannya menjelaskan program Pemerintah Kota Batam einsektor perikanan diantaranya bantuan alat tangkap yang berpedoman pada Perwako 132 Tahun 2023 harus dalam bentuk kelompok. selain itu program lain yang diberikan Kepada nelayan berupa perlindungan bagi nelayan (asuransi) Pemko Batam menggandeng BPJS Tenaga Kerja dimana tahun ini sudah masuk tahun ketiga dan manfaatnya sudah dirasakan oleh keluarga nelayan yang mengalami kematian atau kecelakaan kerja. “Asuransi Nelayan tahun ini sekitar 3,400 nelayan yang ditanggung APBD dan insyaaloh tahun depan 2025 naik menjadi 5.000 nelayan, jelas Yudi.

Sementara itu dari BPJS akan terus berkomitmen memberi pelayanan dan perlindungan kepada nelayan Batam. Selain itu BPJS bekerjasama dengan Dinas Perikanan akan menjemput bola membantu pendaftaran BPJS bagi nelayan dengan mendatangi KUB atau di Kelurahan secara kolektif.

DD